INFORMASI: .:: Jadwal Kegiatan Pelaksanaan UAS : Tanggal 5 - 10 Desember 2016 | Jadwal Kegiatan Libur Akhir Semester Gasal : 19 - 31 Desember 2016 (jadwal sewaktu-waktu dapat berubah). Semoga Bermanfaat ::.

Wednesday, December 10, 2014

TIPS MENDAPAT RANKING 1 DI SEKOLAH

Setiap warga sekolah pasti ingin meraih yang namanya peringkat atau ranking. Tapi peringkat/ranking yang bagaimana yang di idam idamkan oleh siswa siswi di sekolah?
Tentu saja Ranking/Peringkat 1. Bagaimana tidak, memperoleh peringkat 1 adalah impian bagi seluruh warga sekolah, baik siswa maupun guru yang mengajar. Menjadikan suatu kebanggaan tersendiri bagi siswa dan guru jikalau memperoleh peringkat teratas dari teman-temannya baik di tingkat kelas, tingkat sekolah, tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi sampai ke tingkat Nasional atau Internasional.
Nah, bagaimana tips agar mendapat Peringkat/Ranking 1 (satu)? Berikut ini MTs Al Islam Limpung merangkum beberapa tips yang di ambil dari penelitian dan observasi sampel di tiap-tiap kelas MTs Al Islam Limpung. Mulai dari wawancara, isi angket dan kuisioner dari pihak Madrasah kepada siswa-siswi yang mendapat predikat "Baik" di Madrasah.

Penasaran ingin segera membaca tipsnya? langsung saja simak baik baik tips di bawah ini. :-)

Cara mendapat ranking 1 di sekolah
  1. Belajar yang rajin dan tekun serta tidak mudah bosan untuk belajar, itu adalah langkah dasar disiplin kita agar punya peluang besar untuk bisa meraih juara kelas.
  2. Ikuti sistem dan peraturan di sekolah/madrasah, ini biasa disebut sebagai siswa baik yang lurus-lurus saja, sedangkan yang tidak mengikuti atau bahkan melawan peraturan sekolah dicap sebagai siswa nakal yang membangkang, padahal bisa jadi siswa tersebut sedang mengeluarkan daya kreatifnya :-)
  3. Disiplin dalam bersekolah, masuk ke sekolah tidak telat dan pulangnya ketika sudah waktunya selesai pelajaran alias tidak membolos, jika terpaksa tidak masuk maka membuat surat izin namun jangan terlalu sering.
  4. Mengenal lebih dekat guru dan sekolah, dengan begini maka kita bisa tahu sistem penilaian guru sehingga bisa memperkuat pada sisi tersebut agar mendapatkan nilai tinggi.
  5. Hafalan sebelum ujian, ini sebenarnya bisa dikategorikan dalam membuat contekan namun menulisnya di memori otak dengan sistem hafalan, saat ujian maka tinggal membuka memori sehingga mampu menjawab ujian dengan benar, dengan sistem ini rata-rata akan segera melupakan hafalan setelah ujian selesai :-)
  6. Ubah Pola Pikir kita dengan kata “aku adalah orang terpintar di sekolah ini” , pola pikir ini bisa semakin kuat ketika mendapat pujian dari rekan-rekan, orang tua atau lingkungan sekitar sehingga bisa semakin percaya diri dalam mengeluarkan segala potensi yang ada pada diri.
  7. Rajin belajar dan mengikuti kegiatan ekstra, contohnya dengan mengikuti program bimbingan belajar atau belajar bersama teman-teman di rumah.
  8. Mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dengan tepat waktu dan benar, beberapa guru mencoba menilai keberhasilanya dalam mengajar lewat tugas-tugas yang diberikan, jika siswa dapat meengerjakan dengan benar maka bisa dianggap mendapat nilai bagus.
  9. Berdoa dan meminta kepada Tuhan yang maha berilmu, usaha yang telah kita lakukan harus disertai dengan doa agar diberikan kemudahan dalam meraih cita-cita.
Nah, itulah sedikit tips cara meraih Peringkat/Ranking 1 (pertama) di sekolah. Sudahkah kalian semua sebagai Warga Sekolah melaksanakan hal-hal tersebut diatas?
jika sudah, Maka pertahankanlah dan jika belum "Bersegeralah". Tunggu apa lagi, Ilmu yang kamu dapat semata-mata bukan untuk orang lain, melainkan untuk diri kalian sendiri.