INFORMASI: .:: Jadwal Kegiatan Pelaksanaan UAS : Tanggal 5 - 10 Desember 2016 | Jadwal Kegiatan Libur Akhir Semester Gasal : 19 - 31 Desember 2016 (jadwal sewaktu-waktu dapat berubah). Semoga Bermanfaat ::.

Wednesday, December 10, 2014

EMIS PENDIS

EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) adalah sebuah sistem pendataan di bawah naungan Kementerian Agama. EMIS dari tahun ke tahun telah mengalami begitu banyak perubahan, baik tampilan, sistem dan input dan outputnya. Emis pada periode tahun 2011-an pun sebenarnya sudah siap mengisi data secara online, akan tetapi setiap pengisian data, terjadi kendala SULE (Super Lemot). Kendala ini yang menjadi masalah utama dalam peng-entri-an data penddidikan. Hal ini disebabkan oleh kualitas server yang kurang mumpuni untuk sebuah server data. Entah kenapa pihak Kementerian Agama Islam tidak segera menangani probem ini. Mungkin karena masalah dana yang belum memenuhi.
Pada Tahun 2012-an, pihak Pendis meminta input data madrasah lagi, akan tetapi kali ini tidak menggunakan Sistem Online melainkan menggunakan aplikasi Emis Pendis dengan program Ms. Excel. Aplikasi Excel ini pun belum sempurna, masih ada kekurangan disana sini. Entah itu salah rumus, kurang kolom, dll. Masalah-masalah dasar ini yang kemudian di repair dan dikembangkan oleh pihak Emis. Beberapa bulan kemudian, peng-inputan data lewat Ms. Excel masih dilakukan, pada aplikasi Excel yang dulu, hanya terdapat Sheet Lembaga, Personal dan Siswa. Akan tetapi kali ini disertai Sheet petunjuk pengisian dan Validasi.
Petunjuk pengisian berfungsi untuk memberikan arahan / petunjuk kepada operator madrasah tentang bagaimana cara pengisiannya. Sedangkan Sheet Validasi berfungsi untuk memberikan informasi valid dan tidaknya data yang diinputkan. Kami rasa Aplikasi Excel yang sekarang lebih canggih dibanding dengan aplikasi Excel yang lama.
Setelah aplikasi menggunakan Ms. Excel 97% sempurna, pihak Emis kemudian membuat sebuah software mini dalam bentuk portabel. Artinya software ini dapat dijalankan di komputer mana saja dan tidak menggunakan proses instal dahulu sebelum menggunakan.
Software mini ini terdapat dua versi, yaitu versi x32 dan x64. Pada versi x32 adalah versi yang paling stabil dibandingkan dengan yang versi x64. Spesifikasi komputer juga harus disesuaikan dengan aplikasinya.
Dari kedia aplikasi yaitu aplikasi Ms. Excel dan Software mini Emis, kemudian di gabungkan menjadi 1 kesatuan dan saling berkesinambungan. Kinerjanya seperti ini, ketika kita selesain input data pendidikan per Madrasah di Aplikasi Ms. Excel, kemudian kita import data tersebut ke software mini Emisnya. Untuk aplikasi Ms. Excel, terdapat 3 file aplikasi untuk tahun 2012-2013 yaitu File aplikasi Lembaga, Personal dan Siswa. Kemudian pada tahun 2014, file aplikasi Exelnya di tambah satu file dan sekarang menjadi 4 file aplikasi Excel yaitu Lembaga, Personal, Lulusan dan Siswa.
Untuk peng-import-an ke software mini Emis, kita hanya dapat mengimport file aplikasi Emix Excel untuk Personal, Lulusan dan Siswa. Selain itu kita meng-input ulang data ke Software Mini Excel tersebut.
Setelah semuanya VALID, maka kita diharuskan untuk mem-backup data-data tersebut. caranya kita masuk menu backup, kemudian  kita disuguhkan oleh 3 tombol backup, yaitu tombol backup untuk Lembaga, Personal dan Siswa. Setelah di backup, maka hasil backup-an akan masuk secara otomatis ke dalam folder backup yang berada pada folder Software Mini Emis tersebut.
Untuk versi yang baru ini, ada 7 data backup yang berformat *emis. Data *emis tersebut selanjutnya kita upload ke sistem Emis Online yang baru saja Release pada Awal November 2014 lalu.
Pada Emis Online ini, kita dimudahkan dalam pengerjaannya, tampilannya sangat sederhana dan bersahabat. Akan tetapi masih menggunakan sistem BUKA-TUTUP. Artinya, Sistem akan di buka dan ditutup oleh Admin Pusat. Pengimportan data juga dilakukan setiap hari dan terjadwal dari pusat. Setiap hari, Admin pusat membuka 5-8 Kabupaten dengan jam terbang 4-5 Jam per Kabupaten Per tingkatan Madrasah, RA/MI/MTs dan MA. Guna menghindari Crash Server.