INFORMASI: .:: Jadwal Kegiatan Pelaksanaan UAS : Tanggal 5 - 10 Desember 2016 | Jadwal Kegiatan Libur Akhir Semester Gasal : 19 - 31 Desember 2016 (jadwal sewaktu-waktu dapat berubah). Semoga Bermanfaat ::.

Thursday, March 3, 2016

Cara Validasi Alokasi Jam Mengajar untuk Mengajukan Keaktifan Kolektif (S25a)

Banyak diantara rekan operator madrasah yang bertanya tentang menu ajuan kolektif  keaktifan PTK/Madrasah (S25a) yang tidak bisa diakses. Dan setelah sekian lama "disembunyikan", menu tersebut mulai diaktifkan sejak tanggal 24 Februari 2016 kemarin.

Bagi rekan operator yang telah mengisikan Jadwal Kelas Mingguan dengan benar, maka ketika akan mengajukan keaktifan kolektif tersebut bisa langsung klik menu Ajukan Verval melalui akun Kepala Madrasah sebagaimana gambar di bawah ini.



Akan tetapi, bagi rekan operator yang mengisikan Jadwal Kelas Mingguan tidak sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan, maka muncul peringatan terkait dengan Alokasi JTM ketika ingin mengakses menu verval keaktifan kolektif sebagaimana gambar berikut ini :               

Lalu ketika menu Alokasi JTM di-klik, akan muncul pesan Validasi Alokasi Jam Mengajar Madrsah/Sekolah sebagaimana contoh gambar di bawah ini :
 angan pusing dulu kawan saat menerima peringatan atau pesan di atas...

Pesan tentang Validasi Alokasi Jam Mengajar sebagaimana contoh gambar tersebut di atas itu berarti bahwa Jumlah Jam Pelajaran yang Anda isikan pada Jadwal Kelas Mingguan tidak sesuai dengan Alokasi Waktu yang telah ditentukan sesuai dengan kolom Alokasi yang ada di kolom sebelah kanan.
Salah satu contoh kasus, silahkan lihat point nomor 1 pada gambar di atas : 
"Kelas 8B jam mengajar guru yang dituliskan pada jadwal adalah 45. sedangkan yang seharusnya sesuai adalah 40 JTM".


Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi hal ini ???

Untuk mengatasi peringatan sebagaimana contoh gambar di atas, maka mau tidak mau Anda harus mengecek ulang Jadwal Kelas Mingguan yang telah Anda isikan sebelumnya serta melakukan edit terhadap data mapel yang bermasalah dan menyesuaikan sebagaimana Alokasi Waktu yang telah ditentukan. Untuk lebih mempermudah, sebelum Anda melakukan perubahan jadwal terlebih dahulu catat mapel mana saja yang tidak sesuai alokasi waktunya (atau bisa juga di foto/diambil screen short-nya atau bisa juga di buka pada tab baru).

Setelah seluruh mapel yang bermasalah sudah diedit. maka langkah selanjutnya coba kembali masuk ke akun Kepala Madrasah dan lihat, apakah masih muncul peringatan berwarna merah tentang Alokasi JTM ??. Kalau peringatan tersebut sudah tidak muncul lagi, berarti Jadwal Kelas Mingguan yang barusan Anda rubah telah sesuai dengan Alokasi waktu yang ditentukan dan Anda siap untuk mengajukan S25a (Keaktifan kolektif) dengan cara klik menu Ajukan Verval melalui akun Kamad.